Twitter response:

Asal Mula Rasa Enak

Selamat malam, Semuanya!

Ketika kalian makan, pernahkah kalian bertanya-tanya, dari manakah rasa “enak” yang dirasakan lidah itu datang?
Tersebutlah seorang ahli kimia asal Jepang bernama Ikeda Kikunae. Pada suatu hari, ia merasa janggal akan sup yang sedang diminumnya. Ia merasa supnya tersebut terasa lebih enak daripada biasanya. Ia mengaduk-aduk sup tersebut, lalu menemukan konbu (semacam rumput laut). Dari sanalah ia curiga bahwa konbu merupakan penyebab rasa supnya menjadi lebih enak.
Di kemudian hari, Ikeda berhasil mematenkan penemuannya akan asam glutamat dan monosodium glutamat yang kini kerap digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Saat itu sudah dikenal bahwa indera perasa manusia dapat mengenali lima rasa, yaitu: manis, asin, pedas, asam, dan pahit. Ikeda kemudian mematenkan istilah “umami”, yaitu gabungan dari kelima rasa tersebut. Umami inilah yang dihasilkan oleh monosodium glutamat.
Tidak sampai di situ, Ikeda Kikunae juga berhasil menemukan cara untuk mengekstrak umami dari bahan makanan lain seperti beras dan kacang kedelai. Ajinomoto, perusahaan pembuat penyedap terbesar didirikan berdasarkan penemuan Ikeda ini.

Saat ini, tanggal berdirinya Ajinomoto dirayakan sebagai “Hari Bumbu Penyedap Umami” atau “Umami Choumiryou no Hi”.
Hasil penemuan Ikeda yang berawal dari hal sederhana ini sangat berharga dan digunakan hingga kini.
Nah kalian pasti juga ingin menjadi orang yang pandai dan sukses seperti Ikeda Kikunae ini kan.
Sebelum belajar kimia, kalian harus menguasai matematika dulu. Masih merasa kesulitan dengan matematika? Risshikan punya metode Jepang yang bisa menjadi solusi kesulitan kalian
Ditambah lagi, saat ini Risshikan sedang ada promo Back to School lho! Biaya kursusnya menjadi Rp 250.000,00 saja dan masih ada tambahan diskon!
Segera mendaftar ya 🙂

Leave a comment