Twitter response:

Gerhana Matahari

Selamat sore, Semuanya!

Baru-baru ini saudara kita di belahan benua Amerika dihebohkan dengan fenomena gerhana matahari.
Apa sih gerhana matahari itu?
Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi kala objek astronomi terhalang oleh objek atau bayangan dari objek astronomis lain. Secara umum, ada dua jenis gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis sejajar sehingga menyebabkan sinar matahari yang seharusnya memancar ke bulan menjadi terhalang oleh bayangan bumi. Akibatnya, bulan yang biasanya memancarkan cahaya putih kekuningan menjadi terlihat merah.
Nah, gerhana matahari sendiri merupakan fenomena ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis. Hal ini menyebabkan matahari tampak seolah-oleh ‘dimakan’ oleh bulan.
Mengapa gerhana matahari ini menjadi perbincangan? Bahkan membuat para ahli astronomi, fotografer, bahkan turis berbondong-bondong pergi ke lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari?
Ada beberapa alasan untuk itu. Yang pertama, jika dibandingkan dengan gerhana bulan, gerhana matahari, terutama gerhana matahari total (ketika matahari sepenuhnya tertutup bulan) hanya berlangsung sekitar dua menit saja. Padahal gerhana bulan berlangsung selama beberapa jam.
Alasan kedua ialah terbatasnya lokasi untuk melihat gerhana matahari ini. Berbeda dengan gerhana bulan yang dapat disaksikan di tempat manapun, asalkan malam hari; gerhana matahari hanya dapat disaksikan di tempat tertentu saja. Inilah sebabnya, orang-orang di Amerika Serikat heboh. Gerhana matahari terjadi di Amerika terakhir kali pada tahun 1979. Wow, lama sekali ya!

Walaupun terpisah jarak yang amat jauh, matahari merupakan keberadaan yang penting bagi kita yang tinggal di bumi. Namun masih banyak hal-hal yang belum diketahui dari matahari. Gerhana matahari ini menjadi moment penting bagi para peneliti matahari. Salah satunya ialah untuk meneliti korona, yaitu bagian luar dari atmosfer matahari yang dalam keadaan normal biasanya tertutupi oleh silaunya fotosfer.
Nah, apakah kalian juga tertarik untuk menjadi peneliti matahari?
Kalian bisa mengawali dengan belajar matematika di Risshikan
Di Risshikan, kita akan belajar matematika dengan metode dari Jepang yang inovatif, efektif, dan menyenangkan.
Saat ini Risshikan sedang mengadakan promo Back to School, lho!
Bahkan masih ada diskon menarik lainnya!
Segera mendaftar ya 😉

Leave a comment