Twitter response:

Wikipedia

Pada era di mana akses internet sudah menjadi sangat mudah, kita bisa memperoleh informasi dengan cepat dan mudah.
Dulu, jika ingin mencari tahu mengenai suatu hal, misalnya ingin mencari tahu mengenai bunga mawar, pertama kita akan membuka ensiklopedia.
Namun sekarang, sudah ada ensiklopedia besar yang dapat kita akses dari manapun selama ada sambungan internet.

Siapa yang suka browsing dari situs Wikipedia?

Dari mana asal nama ensiklopedia online tersebut?
Nama ‘Wikipedia’ berasal dari gabungan ‘wiki’ dan ‘encyclopedia’. Wiki merujuk pada website yang memperbolehkan penggunanya untuk mengedit isi dari website tersebut.
Wikipedia pada awalnya diluncurkan dalam bahasa Inggris pada tanggal 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Pada awalnya, Wikipedia merupakan bagian dari proyek Nupedia, yaitu proyek pembuatan ensiklopedia gratis yang bisa diakses secara online. Namun saat itu, konsep ensiklopedia yang mereka angkat masih belum menggunakan konsep wiki sehingga dalam waktu setahun mereka hanya bisa menghasilkan 12 artikel saja.
Wales dan Sanger kemudian diperkenalkan konsep wiki. Para penulis artikel dan editor Nupedia menolak penggunaan wiki pada Nupedia, karenanya mereka kemudian membuat proyek sampingan lain dengan nama ‘Wikipedia’.
Cabang Wikipedia pertama yang tidak berbahasa Inggris ialah Wikipedia dalam Bahasa Jerman, yaitu deutsche.wikipedia.com yang dibuat pada tanggal 16 Maret 2001, lalu menyusul beberapa jam setelahnya Wikipedia dalam Bahasa Katala dan Bahasa Jepang. Saat ini juga sudah ada Wikipedia dalam bahasa Indonesia tentunya.
Wikipedia dalam Bahasa Inggris merupakan wikipedia dengan jumlah artikel terbanyak, yaitu lebih dari 5.500.000 artikel. Pada tahun 2005, jurnal sains Inggris, Nature melakukan peer review dengan cara membandingkan 42 artikel dalam Encyclopædia Britannica dan Wikipedia. Hasilnya menunjukkan bahwa keakuratan artikel dalam Wikipedia nyaris menyamai Encyclopædia Britannica. WOW

Nah, dengan informasi yang sudah sangat bebas seperti masa kini, kita seharusnya bisa semakin maju dan bersemangat dalam mengembangkan diri agar tidak kalah dari leluhur-leluhur pendahulu kita.

Masih kesulitan matematika?
Datang saja ke Risshikan!

Leave a comment