Twitter response:

Artikel

Pi Day
Pi Day

Happy Pi Day!

Tahukah kalian, bahwa tanggal 14 Maret diperingati sebagai Hari Pi?
14 Maret dapat ditulis menjadi 3.14 sehingga 14 Maret diperingati sebagai peringatan akan Pi.
Pi itu apa sih?
Bilangan Pi (π) merupakan salah satu konstanta (bilangan tetap) dalam Matematika. Pi digunakan dalam perhitungan lingkaran, seperti menghitung luas dan keliling lingkaran, menghitung volume tabung, serta bangun lain yang memiliki unsur bentuk lingkaran lainnya.
Nah, apa kegiatan saat Hari Pi? Di Amerika, karena pengucapan pi dan pie sama-sama ‘pai’, kegiatan yang umum dilakukan ialah memakan pie atau bermain lempar pie. Tradisi ini pertama kali diadakan oleh Larry Shaw, seorang ahli fisika dari San Fransisco Exploratorium pada tahun 1988 dan tetap dilanjutkan hingga kini. Selain itu, para ilmuwan kerap mengadakan diskusi terkait peran bilangan pi dalam bidang yang ditekuni. Massachusetts Institute of Technology (MIT), salah satu universitas terkemuka di dunia, memiliki kebiasaan untuk mengirimkan pengumuman penerimaan mahasiswa baru pada tanggal 14 Maret.
Kota Princeton, New Jersey, Amerika juga punya agenda lain pada Hari Pi. Tanggal yang sama juga diperingati sebagai hari lahir Albert Einstein sehingga di samping mengadakan acara makan dan lempar kue pie bersama, ada juga kontes mirip Einstein.
Nah, apa ide kalian untuk merayakan Hari Pi?

Shirota Minoru
Shirota Minoru

Siapa yang suka minum Yakult?

Tahukah kalian kalau minuman asam manis dalam botol mungil ini berasal dari Jepang?
Tahukah kalian siapa sosok di balik minuman kesehatan yang konon katanya baik untuk pencernaan?
Beliau bernama Shirota Minoru, seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Kyoto (Universitas Imperial Kyoto).
Shirota lahir di sebuah desa di Iiida, Nagano, Jepang dalam sebuah keluarga yang maju akan bisnis kertas dan pemintalan benang dari ulat sutra. Shirota kemudian beralih untuk masuk ke dunia kedokteran ketika beberapa anak di desa meninggal akibat sakit dan malnutrisi.
Shirota terinspirasi untuk meneliti bakteri Lactobacillus dari tulisan Ilya Ilyich Mechnikov, seorang ahli mikrobiologi dari Ukraina. Shirota kemudian berhasil mengembangkan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang dapat membunuh bakteri jahat dalam sistem pencernaan manusia. Penemuan Shirota ini kemudian mengantarkan Shirota ke kultur bakteri Lactobacillus casei Shirota Strain dan dimasukkan ke dalam minuman. Minuman ini kelak kita kenal dengan nama Yakult.
Perusahaan Yakult (Yakult Honsha) didirikan pada tahun 1935. Nama “Yakult” berasal dari bahasa Esperanto ‘jahurto’ yang berarti ‘yogurt’. Pada awalnya Yakult dikemas dalam botol kaca mungil, sebelum menjadi botol plastik seperti sekarang. Kini Yakult telah dipasarkan di berbagai negara, termasuk salah satu di antaranya Indonesia.

Steve Jobs
Steve Jobs

Apakah kalian mengenali sosok lelaki di foto ini?
Beliau ialah Steve Jobs, co-founder dari Apple, Inc., salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia.
Di era smartphone saat ini, tentunya kita mengenai bahwa iPhone merupakan salah satu smartphone terpopuler dan digemari banyak orang, termasuk di Indonesia. Yap, iPhone merupakan salah satu produk ikonik dari Apple.
Selain iPhone, ada produk lain seperti iMac, iPad, iPod, dan lain sebagainya.
Tahukah Kalian, bahwa sosok di balik kesuksesan Apple saat ini sebenarnya pernah mengundurkan diri dari perusahaan yang sama karena adanya konflik dengan para petinggi perusahaan? Setelah Jobs mengundurkan diri, ia kemudian mendirikan sebuah perusahaan komputer lain bernama NeXT, Inc. Pada tahun-tahun awalnya, NeXT tidak begitu berhasil, namun Jobs dan rekananya berhasil menciptakan komputer NeXT yang unggul, bahkan berkat komputer NeXT-lah, World Wide Web (www) bisa diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989.
Tidak hanya NeXT, Jobs juga mendanai berdirinya perusahaan animasi Pixar. Film animasi computer graphic pertama yang dirilis ialah Toys Story pada tahun 1995. Tentunya kita familiar dengan Pixar yang hingga kini tetap membuat film animasi berkualitas.
Apple pascapengunduran diri Jobs ternyata terus mengalami penurunan hingga akhirnya mereka membeli saham NeXT dan memasukkan NeXT menjadi bagian dari Apple. Dengan ini, Jobs kembali masuk dan menempati posisi tinggi dalam Apple.
Steve Jobs melakukan banyak perubahan dalam Apple. Dengan menggunakan teknologi NeXT, Apple dapat memperbaharui sistem operasional komputernya menjadi Mac OS X. Pada tahun 2000-an, kondisi Apple meningkat sangat pesat.
Steve Jobs meninggal dunia pada usia relatif muda, yaitu pada 5 Oktober 2011 di usia 56 tahun karena kegagalan sistem pernapasan sebagai efek dari tumor pankreas yang dideritanya.
Keunggulan Steve Jobs sebenarnya bukan terletak pada kemampuannya dalam bidang teknik informatika, melainkan pada kemampuannya sebagai public speaker yang andal, terutama dalam hal memasarkan produk. Kemampuan Jobs ini tentunya juga didukung oleh sifat Jobs yang selalu berusaha mencari inovasi dan kecintaannya akan produknya sendiri, serta visinya ke depan. Jobs juga terkenal akan penampilannya yang sederhana ketika tampil di hadapan publik. Beliau selalu tampil dengan turtleneck hitam, celana jeans biru, dan sepatu kets.

Nah, bagaimana dengan Kalian?
Mari menciptakan visi untuk masa depan masing-masing, menjadi orang yang tidak hanya cerdas tetapi juga inovatif dan mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi banyak orang 🙂
Jika kalian masih terganjal kesulitan dengan Matematika, jangan khawatir. Impian kalian menjadi ahli komputer masih belum kandas!
Di Risshikan, kita akan belajar matematika dengan metode Jepang yang inovatif dan menyenangkan. Kalian tidak hanya akan dibuat menjadi mengerti matematika, tetapi juga menjadi memahami bahwa matematika itu menyenangkan!

Wikipedia
Wikipedia

Pada era di mana akses internet sudah menjadi sangat mudah, kita bisa memperoleh informasi dengan cepat dan mudah.
Dulu, jika ingin mencari tahu mengenai suatu hal, misalnya ingin mencari tahu mengenai bunga mawar, pertama kita akan membuka ensiklopedia.
Namun sekarang, sudah ada ensiklopedia besar yang dapat kita akses dari manapun selama ada sambungan internet.

Siapa yang suka browsing dari situs Wikipedia?

Dari mana asal nama ensiklopedia online tersebut?
Nama ‘Wikipedia’ berasal dari gabungan ‘wiki’ dan ‘encyclopedia’. Wiki merujuk pada website yang memperbolehkan penggunanya untuk mengedit isi dari website tersebut.
Wikipedia pada awalnya diluncurkan dalam bahasa Inggris pada tanggal 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Pada awalnya, Wikipedia merupakan bagian dari proyek Nupedia, yaitu proyek pembuatan ensiklopedia gratis yang bisa diakses secara online. Namun saat itu, konsep ensiklopedia yang mereka angkat masih belum menggunakan konsep wiki sehingga dalam waktu setahun mereka hanya bisa menghasilkan 12 artikel saja.
Wales dan Sanger kemudian diperkenalkan konsep wiki. Para penulis artikel dan editor Nupedia menolak penggunaan wiki pada Nupedia, karenanya mereka kemudian membuat proyek sampingan lain dengan nama ‘Wikipedia’.
Cabang Wikipedia pertama yang tidak berbahasa Inggris ialah Wikipedia dalam Bahasa Jerman, yaitu deutsche.wikipedia.com yang dibuat pada tanggal 16 Maret 2001, lalu menyusul beberapa jam setelahnya Wikipedia dalam Bahasa Katala dan Bahasa Jepang. Saat ini juga sudah ada Wikipedia dalam bahasa Indonesia tentunya.
Wikipedia dalam Bahasa Inggris merupakan wikipedia dengan jumlah artikel terbanyak, yaitu lebih dari 5.500.000 artikel. Pada tahun 2005, jurnal sains Inggris, Nature melakukan peer review dengan cara membandingkan 42 artikel dalam Encyclopædia Britannica dan Wikipedia. Hasilnya menunjukkan bahwa keakuratan artikel dalam Wikipedia nyaris menyamai Encyclopædia Britannica. WOW

Nah, dengan informasi yang sudah sangat bebas seperti masa kini, kita seharusnya bisa semakin maju dan bersemangat dalam mengembangkan diri agar tidak kalah dari leluhur-leluhur pendahulu kita.

Masih kesulitan matematika?
Datang saja ke Risshikan!

Lampu Lalu Lintas
Lampu Lalu Lintas

Lampu lalu lintas, kita pastinya sering menemukan benda ini berdiri di persimpangan jalan. Sekilas kerjanya tampak sederhana, cukup menyalakan lampu merah, kuning, dan hijau secara bergantian dalam rentang waktu tertentu.
Namun apakah kalian tahu bahwa di baliknya terdapat sejarah menarik dan sistem operasional yang rumit?

Sebelum lampu lalu lintas diciptakan, pada awalnya polisi lalu lintas bertugas untuk mengatur arus lalu lintas. Misalnya di London, para polisi harus mengatur lalu lintas antara mobil dengan kereta kuda.
Pada 9 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama didirikan di depan Istana Westminster, London. Lampu ini digagas oleh seorang insinyur, J. P. Knight, yang melihat bahwa ada terlalu banyak kereta kuda yang melintas di Jembatan Westminster sehingga mengganggu pejalan kaki. Awalnya berbentuk sinyal semafor dengan dilengkapi lampu gas untuk penggunaan malam hari. Warna yang digunakan juga hanya dua, yaitu merah dan hijau. Pengoperasian lampu lalu lintas ini dilakukan oleh polisi lalu lintas yang bertugas sebagai operator. Namun, lampu lalu lintas ini tidak berusia panjang. Dua bulan sejak pemasangan, lampu tersebut meledak hingga menyebabkan polisi operatornya terluka. Diduga ledakan tersebut disebabkan oleh kebocoran gas bahan bakar.
Lampu lalu lintas dengan tenaga listrik dikembangkan pada tahun 1912 oleh Lester Wire, seorang polisi dari Salt Lake, Utah, Amerika Serikat. Pada saat itu pun, warna yang digunakan hanya merah dan hijau. Penggunaan tiga warna menjadi merah, kuning, dan hijau digagas oleh Garrett Morgan, penemu berkebangsaan Afrika-Amerika yang kemudian mematenkan idenya pada tanggal 20 November 1923. Morgan mendapatkan ide ini setelah menyaksikan kecelakaan antara mobil dan kereta kuda yang disebabkan oleh tidak adanya jeda antara sinyal “Jalan” dan “Berhenti”.

Saat ini pengoperasian lampu lalu lintas telah berkembang menjadi sangat canggih. Pengoperasian tidak lagi dilakukan secara manual oleh manusia, melainkan secara otomatis melalui perangkat computer yang disebut dengan ATCS (Area Traffic Control System). Di Indonesia, setiap kota bisa jadi menggunakan sistem yang berbeda dari kota lainnya. Di Surabaya, pengoperasian dijalankan dengan menggunakan SCATS (Sydney Coordinated Adaptive Traffic System). Secara sederhana, dengan SCATS, kinerja seluruh lampu lalu lintas di kota Surabaya bisa dikendalikan agar dapat saling menyesuaikan satu sama lain, dengan mempertimbangkan arus lalu lintas dalam satu kota.
Para akademisi Indonesia sedang berusaha untuk mengoptimalisasi kinerja lampu lalu lintaas dengan memanfaatkan Logika Fuzzy. Hasil percobaan sejauh ini membuktikan bahwa penggunaan Logika Fuzzy ini sukses untuk mengurangi keterlambatan kendaraan sebesar 48,44% dan panjang antrean kendaraan sebanyak 56,24%.

Wah, ternyata di balik lampu lalu lintas tersebut, ada banyak hal menarik ya.
Pastinya kita semua menyadari bahwa belakangan kemacetan menjadi semakin parah.
Tidakkah kalian ingin mengurangi kemacetan dengan membuat sistem lampu lalu lintas yang lebih efektif?

Angka 7
Angka 7

Selamat malam, Semuanya!

Sudah seminggu memasuki bulan November nih.
Ayo coba diingat, sekarang tanggal berapa ya?

Apakah ada yang menjawab tanggal 7?
Apakah kalian pernah mendengar kalau angka 7 itu istimewa?
Angka 7 ialah angka yang muncul setelah angka 6 dan sebelum angka 8. Dalam bilangan romawi, angka 7 dituliskan sebagai “VII” atau “vii”, sementara dalam bahasa Yunani, segala awalan “hepta-” atau “hept-” berhubungan dengan angka 7.

Apa sih istimewanya angka 7?
Jika kita perhatikan, angka 7 sering sekali muncul dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, dalam satu minggu ada 7 hari. Lalu jika kita belajar nada dalam musik, ada tujuh nada dasar.
Siapa yang pernah membaca kisah Putri Salju? Masih ingat kemunculan para kurcaci yang menolong si Putri Salju? Ada berapa kurcaci? Tujuh!
Ada berapa benua dan samudra di bumi? Tujuh!
Ada berapa gradasi warna dalam pelangi? Tujuh!
Waah, kira-kira mengapa angka 7 menjadi sedemikian istimewa ya?
Bagaimana pendapat kalian? 🙂

Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Selamat sore, Semuanya!

Baru-baru ini saudara kita di belahan benua Amerika dihebohkan dengan fenomena gerhana matahari.
Apa sih gerhana matahari itu?
Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi kala objek astronomi terhalang oleh objek atau bayangan dari objek astronomis lain. Secara umum, ada dua jenis gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis sejajar sehingga menyebabkan sinar matahari yang seharusnya memancar ke bulan menjadi terhalang oleh bayangan bumi. Akibatnya, bulan yang biasanya memancarkan cahaya putih kekuningan menjadi terlihat merah.
Nah, gerhana matahari sendiri merupakan fenomena ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis. Hal ini menyebabkan matahari tampak seolah-oleh ‘dimakan’ oleh bulan.
Mengapa gerhana matahari ini menjadi perbincangan? Bahkan membuat para ahli astronomi, fotografer, bahkan turis berbondong-bondong pergi ke lokasi terbaik untuk melihat gerhana matahari?
Ada beberapa alasan untuk itu. Yang pertama, jika dibandingkan dengan gerhana bulan, gerhana matahari, terutama gerhana matahari total (ketika matahari sepenuhnya tertutup bulan) hanya berlangsung sekitar dua menit saja. Padahal gerhana bulan berlangsung selama beberapa jam.
Alasan kedua ialah terbatasnya lokasi untuk melihat gerhana matahari ini. Berbeda dengan gerhana bulan yang dapat disaksikan di tempat manapun, asalkan malam hari; gerhana matahari hanya dapat disaksikan di tempat tertentu saja. Inilah sebabnya, orang-orang di Amerika Serikat heboh. Gerhana matahari terjadi di Amerika terakhir kali pada tahun 1979. Wow, lama sekali ya!

Walaupun terpisah jarak yang amat jauh, matahari merupakan keberadaan yang penting bagi kita yang tinggal di bumi. Namun masih banyak hal-hal yang belum diketahui dari matahari. Gerhana matahari ini menjadi moment penting bagi para peneliti matahari. Salah satunya ialah untuk meneliti korona, yaitu bagian luar dari atmosfer matahari yang dalam keadaan normal biasanya tertutupi oleh silaunya fotosfer.
Nah, apakah kalian juga tertarik untuk menjadi peneliti matahari?
Kalian bisa mengawali dengan belajar matematika di Risshikan
Di Risshikan, kita akan belajar matematika dengan metode dari Jepang yang inovatif, efektif, dan menyenangkan.
Saat ini Risshikan sedang mengadakan promo Back to School, lho!
Bahkan masih ada diskon menarik lainnya!
Segera mendaftar ya 😉

Igo
Igo

Selamat sore, Semuanya!

Apakah kalian sudah punya rencana untuk akhir pekan kali ini?
Siapa di antara kalian yang ingin main sepuasnya?
Apakah kalian sudah bosan dengan permainan yang itu-itu saja?
Pernahkah kalian mendengar permainan bernama “igo”?
Permainan igo ini merupakan salah satu permainan tradisional Jepang yang kini telah tersebar luas di dunia. Jika kalian pernah mendengar atau memainkan catur, secara umum, permainan igo ini sedikit mirip dengan catur. Keduanya sama-sama merupakan permainan strategi dengan menggunakan bidak di atas papan. Bidak-bidak juga dibagi menjadi dua warna, yaitu warna hitam dan putih.
Bila permainan catur dimainkan dengan menggerakkan bidak, maka permainan igo dimainkan dengan meletakkan bidak satu per satu secara bergantian dengan lawan untuk mengurung bidang lawan. Bidak yang diletakkan tidak boleh dipindahkan, kecuali bidak tersebut terkurung oleh bidak lawan sehingga harus dikeluarkan dari bidang permainan.
Permainan igo ini tidak mengenal batas usia. Bahkan di Korea, permainan igo telah diajarkan di taman kanak-kanak karena permainan ini melatih keseimbangan otak kanan-kiri, kreativitas, dan menguji kesabaran pemain.
Tidak hanya itu, permainan igo ini juga kerap digunakan dalam bidang matematika, misalnya dalam penemuan bilangan surreal oleh John H. Conway.

Nah apakah kalian juga ingin mencoba permainan ini? Ketika minta ke orang tua kalian untuk membeli peralatan igo, jangan lupa sampaikan juga ya kalau Risshikan ada promo Back to School! Bagi kalian yang kesulitan matematika, Risshikan akan membantu kalian dengan mengajarkan matematika metode Jepang! Selama masa promo, ada potongan harga lho! Kalian bisa belajar matematika metode Jepang hanya dengan Rp 250.000,00 saja, bahkan masih ada diskon tambahan jika kalian mendaftar bersama saudara atau teman!
Segera kemari ya!

Matematika itu Penting!
Matematika itu Penting!

Selamat siang, Semuanya!

Bagaimana hari-hari pertama kembali ke sekolah? Sudah mulai banyak PR dan tes? Di antara bermacam-macam mata pelajaran, siapa di antara kalian yang kesulitan dan benci matematika? Padahal matematika itu sangat penting lho dalam kehidupan kita!
Matematika berasal dari bahasa Yunani máthēma (μάθημα) yang berarti ‘pengetahuan’, ‘belajar’, ‘mengetahui’, ‘sesuatu yang dipelajari’ . Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan dasar yang harus kita kuasai. Misalnya kaliah membeli makanan di kantin, supaya kalian tidak tertipu oleh penjual, kalian harus bisa menghitung selisih antara uang yang kalian miliki dan harga makanan yang dijual. Lalu, tahukah kalian bahwa internet merupakan salah satu hasil dari penggunaan matematika?
Media sosial, blog, situs berita yang selama ini kita nikmati merupakan bentuk penerapan dari matematika yang selama ini kalian takuti.

Nah, bagi kalian yang masih benci dan kesulitan dengan matematika, Risshikan memiliki solusi!
Di Risshikan, kalian akan belajar matematika dengan menggunakan metode Jepang yang inovatif dan menyenangkan!
Ditambah lagi, dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, Risshikan ada promo “Back to School’, yaitu promo biaya kursus hanya Rp 250.000,00 saja! Bahkan masih ada diskon lain yang menanti kalian!
Tunggu apa lagi? Segera datang kemari ya!

Asal Mula Rasa Enak
Asal Mula Rasa Enak

Selamat malam, Semuanya!

Ketika kalian makan, pernahkah kalian bertanya-tanya, dari manakah rasa “enak” yang dirasakan lidah itu datang?
Tersebutlah seorang ahli kimia asal Jepang bernama Ikeda Kikunae. Pada suatu hari, ia merasa janggal akan sup yang sedang diminumnya. Ia merasa supnya tersebut terasa lebih enak daripada biasanya. Ia mengaduk-aduk sup tersebut, lalu menemukan konbu (semacam rumput laut). Dari sanalah ia curiga bahwa konbu merupakan penyebab rasa supnya menjadi lebih enak.
Di kemudian hari, Ikeda berhasil mematenkan penemuannya akan asam glutamat dan monosodium glutamat yang kini kerap digunakan sebagai penyedap rasa dalam masakan. Saat itu sudah dikenal bahwa indera perasa manusia dapat mengenali lima rasa, yaitu: manis, asin, pedas, asam, dan pahit. Ikeda kemudian mematenkan istilah “umami”, yaitu gabungan dari kelima rasa tersebut. Umami inilah yang dihasilkan oleh monosodium glutamat.
Tidak sampai di situ, Ikeda Kikunae juga berhasil menemukan cara untuk mengekstrak umami dari bahan makanan lain seperti beras dan kacang kedelai. Ajinomoto, perusahaan pembuat penyedap terbesar didirikan berdasarkan penemuan Ikeda ini.

Saat ini, tanggal berdirinya Ajinomoto dirayakan sebagai “Hari Bumbu Penyedap Umami” atau “Umami Choumiryou no Hi”.
Hasil penemuan Ikeda yang berawal dari hal sederhana ini sangat berharga dan digunakan hingga kini.
Nah kalian pasti juga ingin menjadi orang yang pandai dan sukses seperti Ikeda Kikunae ini kan.
Sebelum belajar kimia, kalian harus menguasai matematika dulu. Masih merasa kesulitan dengan matematika? Risshikan punya metode Jepang yang bisa menjadi solusi kesulitan kalian
Ditambah lagi, saat ini Risshikan sedang ada promo Back to School lho! Biaya kursusnya menjadi Rp 250.000,00 saja dan masih ada tambahan diskon!
Segera mendaftar ya 🙂